Awas Jangan Tertipu Dengan Kabel HDMI Abal

Awas Jangan Tertipu Dengan Kabel HDMI Abal-abal

Berita Terbaru Teknologi – Sebelum membeli, ada baiknya untuk mencari tahu kabel HDMI 2.1 mana yang palsu atau asli. Dengan begitu Anda tidak akan tertipu untuk membeli yang palsu. Perangkat HDMI 2.1, dapat menghasilkan lebih banyak piksel daripada dengan HDMI generasi sebelumnya. Untuk itu, Anda membutuhkan kabel HDMI 2.1 yang baik agar tidak terjadi masalah. Berikut cara menemukan kabel HDMI 2.1 palsu atau asli.

Awas Jangan Tertipu Dengan Kabel HDMI Abal

Cari Kabel “HDMI Ultra High Speed”

Standar HDMI diawasi oleh Forum HDMI, sedangkan HDMI Licensing Administrator mengawasi perizinan teknologi. Produsen perangkat dan aksesori harus mematuhi standar Forum HDMI jika mereka akan menghasilkan produk yang telah dilisensikan atau disertifikasi oleh HDMI Licensing Administrator. Meskipun standar HDMI terbaru dikenal sebagai HDMI 2.1, monitor HDMI memiliki konvensi penamaan yang berbeda untuk pemasangan kabel.

Jika Anda ingin membeli kabel yang kompatibel dengan HDMI 2.1, Anda harus mencari kata “HDMI Ultra High Speed” di kotaknya. Penjualan kabel tidak secara eksplisit sebagai “kabel HDMI 2.1”. Dulu, kabel HDMI 2.0b dijual dengan nama umum “Kecepatan Tinggi”.¬† Ketika membeli kabel HDMI pastikan terdapat hologram Kabel Bersertifikat Ultra dan kode QR di kotak di kemasannya. Artinya, ini telah diuji dengan standar minimum dan disertifikasi oleh Administrator Lisensi HDMI. Kabel ini harganya sedikit lebih mahal, tetapi Anda mungkin merasa perlu untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan banyak fitur yang ditawarkan HDMI 2.1.

Masalah dengan Kabel HDMI Murah

Masalah dengan pengaturan perangkat hiburan rumah Anda dapat memakan waktu dan membuat frustasi, terutama jika Anda memiliki penerima atau soundbar yang digabungkan bersama. Saat Anda membeli kabel bersertifikat, Anda dapat menghilangkan setidaknya satu masalah dari daftar masalah potensial. Mungkin beberapa masalah akan mulai bermunculan jika kabel yang Anda pakai tidak habis.

Ini sering terjadi saat Anda mencoba menggunakan kabel HDMI 2.0b lama dengan aplikasi yang melebihi spesifikasi 18 Gb per detik. Anda mungkin tidak mengalami masalah apa pun hingga Anda memainkan satu atau dua game yang berjalan pada 4K / 120Hz di Xbox Series X atau PlayStation 5. Beberapa masalah seperti layar hitam kosong, gambar aneh dan kilai secara acak.

Anda mungkin mengalami pemadaman tiba-tiba atau layar yang berkedip-kedip atau mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan bahwa TV Anda mengalami masalah “jabat tangan”. Ini berarti TV dan perangkat sumber tidak dapat berkomunikasi dengan baik karena kabel tidak berfungsi dengan baik. Anda mungkin tergoda untuk membeli kabel dengan harga murah, terutama jika menyangkut jangka panjang. Karena itulah kenapa kabel HDMI bisa memiliki harga yang¬† sangat mahal.

Semakin panjang kabelnya, semakin banyak sinyal yang bisa turun sebelum mencapai tujuannya. Itulah mengapa kabel terbaik adalah kabel terpendek yang dapat Anda gunakan yang sesuai dengan kebutuhan bandwidth Anda. Tidak ada panjang kabel yang “ideal”, tetapi untuk resolusi 4K dan frekuensi gambar tinggi (120Hz), disarankan agar Anda menggunakan kabel HDMI yang panjangnya tidak lebih dari 3 meter. Nah jika dipakai pada resolusi yang lebih rendah, batasnya adalah antara 6 meter dan 10 meter.

Jika Anda memakai kabel yang panjang dan mengalami masalah, uji kabel yang lebih pendek. Kabel HDMI yang dilengkapi serat optik dapat memberikan kinerja yang lebih baik pada pengoperasian yang lebih lama. Sayangnya, saat ini di pasaran belum ada kabel HDMI berkecepatan ultra tinggi yang menggunakan fiber optik. Untuk saat ini, ada baiknya untuk memindahkan perangkat sumber Anda lebih dekat ke TV.

Jangan Tertarik Dengan Permainan Kabel HDMI

Banyak pengecer akan mencoba menawarkan kabel HDMI setiap kali Anda membeli TV atau perangkat hiburan rumah lainnya. Meskipun, seringkali satu kabel akan dimasukkan ke dalam kotak dengan perangkat, lebih baik Anda menguji pengaturan perangkat Anda sebelum mengeluarkan uang lagi jika Anda tidak perlu melakukannya.

Walaupun kabel bersertifikat harganya lebih mahal, namun kualitasnya bisa terjamin dan sepertinya akan lebih hemat. Mereka membuatnya tampak seperti Anda mendapatkan produk berkualitas lebih tinggi, tetapi jika itu adalah kabel harga premium Anda tidak perlu membayar. Konektor emas atau konektor pada kabel sering digunakan untuk memberikan ilusi sinyal dengan kualitas yang lebih baik, tetapi tidak terlalu jelas.

Emas adalah logam yang sangat konduktif, tetapi begitu juga logam yang menyusun sebagian besar kabel (dan tentunya bukan emas murni). Kabel yang dikepang dapat bertahan lebih lama, tetapi kabel HDMI biasanya tidak mengalami banyak keausan. Anda tidak memerlukan kabel yang sangat tahan lama, kecuali jika Anda membeli kabel yang Anda tahu akan selalu dicolokkan dan dicabut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *