Perkembangan Teknologi Yang Sedang Hits di 2021

Perkembangan Teknologi Yang Sedang Hits di 2021

Berita Terbaru Teknologi – Perkembangan teknologi di dunia sejatinya akan terus berjalan, apalagi dengan kondisi saat ini yang membuat semakin menumbuhkan tren digitalisasi teknologi. Dimana, hampir semua pekerjaan dilakukan secara online di rumah. Tak ayal, masyarakat dunia juga dituntut untuk mewaspadai laju perubahan dan kemajuan teknologi saat ini. Lalu, tren teknologi apa yang akan menonjol di tahun 2021?

Perkembangan Teknologi Yang Sedang Hits di 2021

Era digitalisasi teknologi yang berkembang saat ini memungkinkan masyarakat dunia melek teknologi. Di era teknologi sekarang ini, banyak sekali penemuan yang telah membawa pada perubahan mendasar dalam kehidupan manusia. Teknologi, selain mampu memfasilitasi berbagai aktivitas manusia, tidak dapat dipungkiri juga menimbulkan ancaman tersendiri mulai dari tingkat keamanan data pribadi dan lain-lain. Nah, biar bisa melek teknologi, berikut tren teknologi di 2021:

  1. 5G

Dalam beberapa tahun terakhir, kita sering mendengar tentang manfaat 5G, termasuk ketersediaan konektivitas internet dan bandwidth yang andal. Manusia semakin bergantung pada ponsel dan perangkat pintar lainnya, kondisi ini dipahami oleh penyelenggara telekomunikasi. Saat ini, bisnis harus terus terhubung, dan adopsi 5G menjadi solusi penting dalam hal ini. Berdasarkan kondisi tersebut, nilai 5G akan semakin mainstream di tahun 2021.

Meski permulaan pandemi mengganggu pembangunan jaringan 5G, upaya ini tetap dilanjutkan. China misalnya, telah mencapai target pemenuhan penggelaran 5G untuk tahun 2020. Sementara itu, banyak pabrikan smartphone seperti Samsung, Apple, dan Xiaomi akan segera merilis ponsel 5G dengan berbagai pilihan harga, menjadikan 5G semakin terjangkau dan diminati tahun depan. .

  1. Hybrid Cloud

Strategi cloud hybrid membantu organisasi mencapai keseimbangan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur cloud mereka. Dalam satu tahun terakhir kami telah melihat betapa penyedia cloud besar seperti AWS, Azure, Google, dan IBM berinvestasi besar-besaran dalam sistem hybrid. Cloud hybrid juga akan menjadi strategi bagi banyak organisasi untuk mengatasi tantangan pertumbuhan data yang eksponensial.

  1. Cyber Security

Dengan pandemi, keamanan siber menjadi semakin relevan dan dibutuhkan. Terdapat laporan bahwa telah terjadi peningkatan serangan dunia maya di seluruh dunia selama pandemi dengan dampak yang besar. Sementara itu, kebijakan pemerintah untuk bekerja dari rumah mengharuskan lebih sedikit karyawan yang bekerja di lokasi sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan strategi keamanan siber, serta memperluasnya ke jaringan rumah dan perangkat seluler untuk bekerja dari rumah.

  1. Komputasi Kuantum

Komputasi kuantum adalah bentuk komputasi yang memanfaatkan fenomena kuantum seperti superposisi dan belitan kuantum. Teknologi ini juga terlibat dalam pencegahan penyebaran virus corona, dan pengembangan vaksin potensial, berkat kemampuannya mempertanyakan, memantau, menganalisis, dan menindaklanjuti data dengan mudah, apa pun sumbernya. Komputasi kuantum juga sering dipakai oleh perbankan dan industri keuangan lainnya. Fungsinya sendiri untuk mengelola risiko kredit, perdagangan frekuensi tinggi dan deteksi penipuan.

  1. Realitas Virtual

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), dan Extended Reality (ER) adalah tren lain di teknologi 2021. Dimana, dalam prosesnya VR membenamkan pengguna dalam suatu lingkungan sementara AR meningkatkan lingkungannya. Untuk tren teknologi ini lebih condong digunakan pada pengembangan video game. Teknologi AR dan VR mempunyai potensi besar untuk pelatihan, hiburan, pendidikan, pemasaran bahkan setelah rehabilitasi cedera dalam kedokteran.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Pandemi korona memicu akselerasi Artificial Intelligence (AI). Data, AI, dan pembelajaran mesin adalah alat yang digunakan banyak perusahaan tahun ini dan pasti akan terus berlanjut di tahun depan, terutama untuk menyelesaikan masalah dalam skala yang lebih besar. Banyak yang mengatakan bahwa AI adalah trend masa depan, bukan tanpa alasan, karena daya komputasi yang semakin terjangkau dan software serta framework yang semakin berkembang, mendorong banyak perusahaan untuk memanfaatkan AI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *